cssmenu ul { margin: 0; padding: 7px 6px 0; background: #7d7d7d url(overlay.png) repeat-x 0 -110px; line-height: 100%; border-radius: 1em; font: normal 0.5333333333333333em Arial, Helvetica, sans-serif; -webkit-border-radius: 5px; -moz-border-radius: 5px; border-radius: 5px; -webkit-box-shadow: 0 1px 3px rgba(0, 0, 0, 0.4); -moz-box-shadow: 0 1px 3px rgba(0, 0, 0, 0.4); width: auto; } #cssmenu li { margin: 0 5px; padding: 0 0 8px; float: left; position: relative; list-style: none; } #cssmenu a, #cssmenu a:link { font-weight: bold; font-size: 13px; color: #e7e5e5; text-decoration: none; display: block; padding: 8px 20px; margin: 0; border-radius: 5px; -webkit-border-radius: 5px; -moz-border-radius: 5px; text-shadow: 0 1px 1px rgba(0, 0, 0, 0.3); } #cssmenu a:hover { background: #000; color: #fff; } #cssmenu .active a, #cssmenu li:hover > a { background: #979797 url(overlay.png) repeat-x 0 -40px; background: #666666 url(overlay.png) repeat-x 0 -40px; color: #444; border-top: solid 1px #f8f8f8; -webkit-box-shadow: 0 1px 1px rgba(0, 0, 0, 0.2); -moz-box-shadow: 0 1px 1px rgba(0, 0, 0, 0.2); box-shadow: 0 1px 1px rgba(0, 0, 0, 0.2); text-shadow: 0 1px 0 #ffffff; } #cssmenu ul ul li:hover a, #cssmenu li:hover li a { background: none; border: none; color: #666; -webkit-box-shadow: none; -moz-box-shadow: none; } #cssmenu ul ul a:hover { background: #7d7d7d url(overlay.png) repeat-x 0 -100px !important; color: #fff !important; -webkit-border-radius: 5px; -moz-border-radius: 5px; border-radius: 5px; text-shadow: 0 1px 1px rgba(0, 0, 0, 0.1); } #cssmenu li:hover > ul { display: block; } #cssmenu ul ul { display: none; margin: 0; padding: 0; width: 185px; position: absolute; top: 40px; left: 0; background: url(overlay.png) repeat-x 0 0; border: solid 1px #b4b4b4; -webkit-border-radius: 5px; -moz-border-radius: 5px; border-radius: 5px; -webkit-box-shadow: 0 1px 3px rgba(0, 0, 0, 0.3); -moz-box-shadow: 0 1px 3px rgba(0, 0, 0, 0.3); box-shadow: 0 1px 3px rgba(0, 0, 0, 0.3); } #cssmenu ul ul li { float: none; margin: 0; padding: 3px; } #cssmenu ul ul a, #cssmenu ul ul a:link { font-weight: normal; font-size: 12px; } #cssmenu ul:after { content: '.'; display: block; clear: both; visibility: hidden; line-height: 0; height: 0; } * html #cssmenu ul { height: 1%; }

Sabtu, 12 Oktober 2013

Peran Teknologi Dalam Membantu Mahasiswa Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya


A.      Pengertian Peran Teknologi
Peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia. Teknologi sendiri saat ini telah menjadi suatu trend, style, dan gaya hidup bagi kita. Bahkan teknologi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Hal ini bisa di lihat dari orang-orang di sekitar kita dalam kehidupan mereka sehari-hari yang selalu memanfaatkan teknologi untuk segala kepentingan-kepentingan dan kebutuhan-kebutuhan mereka dengan tujuan untuk membantu, mempermudah , dan mempercepat itu semua, bahkan kita sendiri pun demikian. Jadi, peran teknologi dalam kehidupan manusia saat ini telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. Banyak sekali manfaat dari teknologi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.

B.      Tujuan Mahasiswa dan Kebutuhan Hidupnya
Menurut diri saya pribadi tujuan dari mahasiswa itu adalah cuman satu yaitu untuk mengalahkan dosen, apa maksudnya? Maksudnya adalah kita di tuntut untuk berjuang belajar segiat dan sekeras mungkin agar apa yang kita harapkan dan di cita cita kan bisa kita raih. Tentu saja semua itu tidak akan semudah membalikkan telapak tangan, banyak cobaan, rintangan yang akan siap menyerang kita kapan saja. Tidak cuman otak dan mental yang harus kita persiapkan, tapi kebutuhan digital dan elektronik tidak kalah penting di zaman era globalisasi sekarang. Di zaman yang bisa di katakan serba praktis ini, kita di tuntut sekreatif mungkin dan itulah beban yang sebenarnya di alami oleh mahasiswa sekarang. Maka dari itu alat alat elektronik sangat berpengaruh bagi mahasiswa, bukan hanya dari segi hiburan, gaya hidup, budaya dan sejenisnya dapat kita akses dengan instan dan hanya membutuhkan hampir sepersekian detik untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan.






C.      Peranan Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan dan Pelatihan
·         Belajar dengan Komputer
Pada dunia pendidikan di Indonesia, komputer sudah diperkenalkan dan digunakan di sekolah-sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar, komputer sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play group untuk bermain dan belajar. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran interaktif, juga bersifat audio-visual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri.
·         Teknologi Pendidikan
Dengan komputer kemudahan dalam mencari dan menyediakan bahan-bahan pembelajaran juga bisa didapatkan, misalnya dengan adanya konsep perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Ditambah lagi dengan adanya internet dimungkinkan untuk mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, makalah, majalah, surat kabar, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini sudah bisa dilakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan electronik clearning (e-learning). Beberapa negara telah menerapkan sekolah yang pembelajarannya melalui internet atau semacam universitas terbuka. Mahasiswanya dapat belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik baik dalam bentuk teks atau audio-visual (multimedia) yang disajikan lewat internet. Bahkan dengan internet dimungkinkan untuk setiap mahasiswanya berkomunikasi dengan e-mail bahkan berinteraksi langsung dengan menggunakan teleconference atau videoconference.
            Selain itu banyak pula peralatan laboratorium yang sudah dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti serta dapat mengatasi kendala keterbatasan indra manusia, dan bisa digunakan sebagai sarana simulasi
·         Bagi Diri Pribadi
Bukan hanya fungsi di atas yang bisa kita peroleh dari teknologi informasi tapi bagi diri saya pribadi ada banyak manfaat positif yang aku dapat. Beberapa di antaranya yaitu saya bisa mengenal orang orang yang berada di belahan bumi lainnya, dengan sperti itu saya secara tidak langsung bisa mempelajari budaya mereka dan kebiasaan mereka. Ruang lingkup pergaulan kita tidak hanya sebatas apa yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri, tapi sudah mencakup global atau mendunia. Bagi saya cara seperti itu adalah salah satu cara untuk memperbaiki kualitas hidup kita, kita bisa mencontohi peradaban budaya dunia luar sehinga kita mengetahui alasan kenapa mereka berpikir lebih maju dari Indonesia. Hal yang seperti inilah yang tidak akan pernah kita dapatkan di materi kuliah apapun, di sini kita berbicara pengalaman pribadi, pengalamn yang kita bisa rasakan secara langsung dampaknya dan tentu saja kita bisa membagi pengalaman sperti itu dengan lingkungan sekitar kita.

D.     Dampak Negatif dari Teknologi Informasi

“Dalam peperangan, ilmu menyebabkan kita saling meracun dan saling menjegal. Dalam perdamaian, dia membikin hidup kita dikejar waktu dan penuh tak tentu. Mengapa ilmu yang amat indah ini, yang menghemat kerja dan membikin hidup lebih mudah, hanya membawa kebahagiaan yang sedikit sekali kepada kita?”

(Pesan Albert Einstein kepada mahasiswa California Institute of Technology)

Maraknya penipuan dan penuculikan belakangan ini melalui situs jejaring sosial, juga merupakan efek negatif dari berkembangnya dunia informasi dan komunikasi. Selain itu, bahaya dari situs prnografi merupakan acncaman nyata bagi para generasi mida,khususnya siswa sekolah.
Belakangan ini muncul berita mengenai pembobolan uang nasabah, dari hal ini jelas sekali bahwa kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang tidak diimbangi dengan iman yang kuat, maka seseorang dapat terjerumus dalam tindakan pencurian melalui media internet.
Ini adalah dampak yang paling nyata yang dapat kita lihat dan rasakan, hampir tiap waktu, sepulang sekolah, siswa sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya di warnet untuk bermain game online. waktu mereka untuk belajarpun menjadi berkurang, disinilah peran orang tua harus aktif untuk bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu untuk belajar dan bermain.
Salah satu konflik dunia yang paling menghebohkan untuk saat ini adalah konflik yang terjadi antara India dan Pakistan dalam memperebutkan wilayah Kashmir. Disebut paling menghebohkan, karena konflik yang pada tahun 1948, 1965, dan 1975 menyebabkan perang terbuka di antara kedua negara ini melibatkan upaya-upaya kedua negara dalam mengembangkan salah satu teknologi terhebat dunia saat ini, yaitu nuklir. Perlombaan persenjataan nuklir India-Pakistan ini menimbulkan kekhawatiran mendalam tentang kemungkinan perang nuklir, yang tidak saja dapat menghancurkan kedua negara, tetapi juga mencelakakan Asia Selatan maupun dunia.
Kejadian di atas adalah salah satu dampak buruk dari pengembangan ilmu pengetahuan yang menghasilkan teknologi. Mencermati kejadian di atas, kita semua dibuat menjadi ragu, apakah ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai hasil pengembangannya akan menghancurkan kehidupan kita di muka bumi ini? Padahal, ilmu pengetahuan lahir dan hadir di tengah-tengah manusia untuk melakukan enlightening, pencerahan. Tetapi mengapa ilmu pengetahuan dan teknologi, kemudian malah menimbulkan tanda-tanda kehancuran bagi umat manusia?

E.      Penutup

Sebagai penutup, saya pribadi berpesan kepada teman teman mahasiswa sperjuangan semuanya bahwa Teknologi Informasi sangat membantu untuk meningkatkan kualitas kehidupan kita, mempermudah kita untuk mendaptakan informasi dan saya pribadi berharap Teknologi Informasi ini tidak disalahgunakan manfaat yang telah di berikan, karena dimana ada keuntungan di situ ada kerugian yang mengikuti dan kedua hal itu berbanding lurus, maksudnya semakin besar keuntunganya maka semakin besar juga kerugian yang di hasilkan, tetap berpositif thinking, stay away from drugs and stop global warming. 

1 komentar: